
Pertama, tekad belajar. Jika siswa sudah memiliki
kemauan atau keinginan untuk sukses belajar maka tingkatkan lagi untuk mencapai
kesuksesan yang lebih tinggi. Keinginan adalah sesuatu yang bersifat pasif
namun biasa dimiliki oleh semua orang. Sehingga semua orang dengan mudah
mengatakan bahwa ia ingin sukses namun untuk melakukannya sungguh sulit.
Sementara tekad adalah keinginan yang kuat dan bulat yang mampu membuat
seseorang berbuat aktif dan proaktif untuk meraih apa yang diinginkannya.
Kedua, keyakinan untuk dapat meraih kesuksesan
belajar.
Kegagalan belajar muncul dari anggapan bahwa dirinya bukan tipe siswa yang pintar. Pada kenyataannya semua orang diciptakan sama, sehingga alasan itu hanyalah penghalang bagi kesuksesan belajar siswa.
Kegagalan belajar muncul dari anggapan bahwa dirinya bukan tipe siswa yang pintar. Pada kenyataannya semua orang diciptakan sama, sehingga alasan itu hanyalah penghalang bagi kesuksesan belajar siswa.
Ketiga, pengelolaan diri. Pengelola (manajer)
terbaik bagi dirimu adalah dirimu sendiri. Oleh karena itu, kelolalah dirimu
sendiri dengan sebaik-baiknya agar dapat meraih keinginanmu. Kelola waktu
belajar, kapan bermain dan kapan istirahat. Mana yang harus diberikan porsi
lebih dari yang lainnya.
Keempat, bacalah buku pelajaran. Pahami dan catat
hal-hal yang kurang dipahami lalu berlatihlah mengerjakan tugas atau soal-soal
lainnya. Tidak ada kesuksesan belajar kecuali dengan mengatur waktu dan terus
berlatih untuk mengejar kesuksesan itu.
Kelima, kuasai materi pelajaran jauh lebih awal.
Usahakan membaca dan berlatih tentang suatu materi pelajaran, jauh hari sebelum
materi diajarkan. Hindarkan kebiasaan buruk belajar di kelas dengan tanpa
tujuan dan tanpa persiapan. Kamu perlu mengerjakan soal latihan yang lebih
banyak lagi dengan membandingkan buku-buku lain.
“Tidak
ada kesuksesan yang mustahil untuk diraih, kecuali kamu hanya perlu mengatur
waktu dan berusaha keras untuk meraihnya”. Yakinlah, jika orang lain bisa
kenapa kamu tidak? Selanjutnya cobalah kamu untuk memulainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar